Mon. Mar 8th, 2021

Proses pengolahan air merupakan rangkaian tahapan untuk mengolah air baku menjadi air bersih. Air baku PDAM Cabang Karawang bersumber dari saluran irigasi Bendung Tarum Utara cabang Barat yang hulunya berasal dari Sungai Citarum. Tahapan dalam proses pengolahan air di PDAM Cabang Karawang terdiri dari proses Koagulasi, Flokulasi, Sedimentasi, Filtrasi, dan Desinfeksi.

Proses koagulasi merupakan proses penambahan bahan kimia koagulan. Koagulan yang digunakan ialah Alumunium Sulfat (tawas). Tujuan penambahan koagulan ke dalam air baku adalah untuk mempercepat proses pengendapan kotoran dalam air. Koagulan merupakan senyawa bermuatan positif sedangkan kotoran/lumpur dalam air cenderung bermuatan negatif sehingga keduanya akan saling berikatan membentuk flok-flok.

Proses pembentukan flok terjadi pada tahap flokulasi. Flok-flok lumpur yang terbentuk akan saling bertumbukan dan bargabung menjadi flok yang lebih besar hingga memiliki massa jenis yang lebih besar dibandingkan massa jenis air sehingga flok tersebut dapat terendapkan pada proses sedimentasi.

Pada tahap sedimentasi mulai dapat terlihat kejernihan air hasil proses pengolahan air. Kotoran/lumpur sudah dapat terpisahkan dari air. Flok berukuran besar terendapkan ke dasar bak sedimentasi sementara flok-flok ringan masih melayang dalam air.

Untuk menghilangkan flok-flok kecil yang tidak dapat terendapkan dalam tahap sedimentasi maka dilakukan proses filtrasi. Pada proses filtrasi atau penyaringan flok-flok berukuran kecil akan tertahan pada lapisan media filtrasi sehingga tidak ada lagi kotoran dalam air. Media filter terdiri dari lapisan antrasit dan pasir silika yang disangga oleh batu-batu gravel. Seiring berjalannya proses filtrasi maka lapisan media filter akan jenuh akibat tertutup oleh flok-flok yang tersaring sehingga efektifitas penyaringan akan menurun sehingga perlu dilakukan proses pencucian media filter yang dikenal dengan istilah backwash.

Air hasil filtrasi yang telah terbebas dari kotoran selanjutnya ditampung dalam reservoir. Di dalam reservoir ini dilakukan proses desinfeksi dengan senyawaan klor (kaporit) yang bertujuan untuk membunuh mikroorganisme dalam air. Air yang telah melewati prosesn desinfeksi selanjutnya siap untuk didistribusikan ke pelanggan di wilayah cabang Karawang dengan sistem perpompaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *